Pabrik Kain Mori Banda Aceh Harga Bersaing

Pabrik kain mori Banda Aceh harga bersaing untuk tenun maupun membatik. Kain mori atau ‘muslim’ atau ‘cambric’, adalah kain yang terbuat dari benang kapas. Kain kapas yang dipintal menjadi kain disebut Katun berasal dari bahasa Arab yaitu Quoton. Pada tahun 2500 sebelum Masehi orang mesir menenun kapas untuk membalut mumi raja. Hal tersebut menandakan bahwa kapas sudah dikenal sejak dahulu, bahkan seluruh dunia telah mengenal kapas secara menyeluruh.

Pabrik Kain Mori
Pabrik Kain Mori

Sejarah perkembangan kapas diperkirakan telah diketemukan ditiga tempat berbeda belahan dunia, yaitu India, Cina, Peru, dan Amerika Selatan. Catatan pertama tentang kapas diketemukan oleh sejarawan Yunani bernama Herodotus hidup sekitar tahun 484 sebelum Masehi. Dimana pohon kapas banyak tumbuh di India pada tahun 5000 sebelum Masehi. Sahabat Herodotus bahkan menambahkan bahwa kapas berasal dari “Pohon Domba“ yang merupakan nenek moyang dari hewan domba yang sebenarnya. Penjelajah Marcopolo pada tahun 1298 menyatakan bahwa India merupakan penghasil kapas terbaik didunia.

Produsen Koko Anak

Kain katun berasal dari serat kapas yang dihasilkan dari buah tanaman jenis gossypium, serat kapas terdiri dari molekul–molekul selulosa yang merupakan polimer linier tersusun dari komdensasi molekul glukosa yang terikat satu sama lain membentuk polimer yang panjang.

Pabrik Kain Mori di Lurik Fabric

Lurik Fabric merupakan salah satu pabrik kain terbesar di Indonesia yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun. Dan sudah melayani pemesanan kain dari ratusan perusahaan, sekolah dan organisasi. Kain yang kami produksi tidak hanya putihan saja, akan tetapi kami kembangkan lagi agar menjadi kain berseni dan berkualitas dunia. Seperti contoh, kain tenun lurik.

Selain lurik kami juga merupakan produsen kain batik, produsen selimut tenun, dan produsen sarung tenun. Yang memiliki ratusan pengrajin, baik menenun maupun membatik. Kami bekerjasama dengan berbagai pengrajin tenun dan batik di Solo dan sekitarnya. Mulai dari usaha rumahan hingga yang berskala besar berupa perusahaan ( PT ). Sehingga untuk Anda yang pesan sedikit atau partai besar tetap bisa saya layani.

Bagaimana cara pemesanan?

Silahkan hubungi langsung owner kami melalui kontak Whatsapp berikut ini :
Pak Muzakir +6282265652222

Kami memberikan penawaran gratis ongkos kirim keseluruh Indonesia dan pelayanan online 24 jam non stop setiap harinya.

Kain Mori Berdasarkan Tingkat Kehalusannya

Kain mori adalah kain tenun berwarna putih yang digunakan untuk bahan untuk membuat kainbatik. Bahan baku kain mori terbuat dari bahan katun, polyester, rayon dan juga sutra. Ada 2 jenis kain mori yaitu kain mori yang telah mengalami proses pemutihan ataubleachingdan kain mori yang belum diputihkan.

Kain mori atau kain katun berdasarkan tingkat kehalusannya dibedakan atas tiga golongan, yaitu:

Golongan Kain Mori Primissima
Mori Primisima adalah golongan mori yang paling halus. Dahulu Indonesia import kain primissima dari Belanda, kemudian mendatangkan dari Jepang. Tahun 1970 Pabrik cambric Medari milik GKBI mulai membangun bagian khusus membuat kain atau mori primissima.

Mori atau kain Primissima yang dulu masuk dari negeri Belanda dengan nama cap ‘Sent’, tapi pada perkembangannya sekarang ini PT. Primissima Medari mengeluarkan produk kain yg setara dengan cap ‘sent’ dengan nama ‘Kereta Kencana’ selain itu ada lagi merk Gamelan/Gong, dan merk Tari kupu. Kain atau mori diperdagangkan dalam bentuk piece (blok, geblok, gulungan) dengan ukuran lebar 43 inchi (106 cm) dan panjang 37,5 yard (33,5 m).

Sifat–sifat khusus kain primissima adalah dingin apabiala dipakai karena menyerap keringat, halus karena tenunan yang rapat serta mudah menyerap warna, sehingga dapat menghasilkan warna yang bagus apabila dipergunakan untuk media lukisan dengan mempergunakan pewarna alami. Perawatannya juga lebih mudah dan mempunyai tingkat keawetan yang lebih tahan lama.Mori ini digunakan untuk batik tulis, jarang sekali untuk batik cap. Mori ini diperdagangkan dalam bentuk piece (gulungan) lebar 42″ atau + 106 cm, panjang 17,5 Yard + 15,5 m.

Golongan Kain Mori Prima
Mori prima adalah golongan mori halus kedua. Kain mori ini juga bagus untuk dipergunakan sebagai media lukisan dengan menggunakan pewarna alami. Golongan Prima ini belum dapat diproduksi didalam negeri, tetapi kain yangt dibuat oleh Pabrik cambric GKBI–Medari kwalitasnya sudah mendekati golongan prima (Primatexco Batang).

Mori ini digunakan untuk batik tulis maupun cap. Mori ini diperdagangkan dalam bentuk piece (gulungan) lebar 42″ atau ± 106 cm, panjang 17,5 Yard ± 15,5 m.

Golongan Kain Mori Biru
Mori biru adalah golongan mori kualitas ketiga. Mori ini digunakan untuk batik kasar atau sedang, tidak untuk batik tulis halus. Mori ini juga diperdagangkan dalam bentuk piece (gulungan) lebar 40″ atau ± 100 cm, panjang 16 yard, 30 yard, 40 yard, dan 45 yard.

Golongan Grey/Blaco
Golongan ini adalah jenis kain mori yang kasar. Sebagian besar batik menggunakan bahan mori (katun), karena di samping harganya relatif murah juga mudah diproses.

Sekilas penjelasan diatas mengenai kain mori serta penggolongan kain mori berdasarkan kehalusannya.

———.

Silahkan hubungi langsung owner kami melalui kontak Whatsapp berikut ini :
Pak Muzakir +6282265652222

Kami memberikan penawaran gratis ongkos kirim keseluruh Indonesia dan pelayanan online 24 jam non stop setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.