Lurik Jawa Klasik Harga Mulai Rp60.000 per pcs

Lurik Jawa klasik harga mulai Rp60.000,00 an per potong (2 meter per potong). Kain lurik sudah ada sejak 3.000 tahun silam. Digempur perkembangan jaman kain lurik tidak begitu saja tumbang. Kain lurik diyakini disukai oleh rakyat biasa pada jaman dahulu. Karena terbuat dari bahan dasar yang ramah di kantong. Kain lurik juga memiliki kesan kesederhanaan. Kain lurik dibuat dari alat tenunan tradisonal. Dengan memintal dan menenun kain selama berhari-hari. Alat pemintal masih sangat tradisional. Meski sudah melewati jaman alat tersebut tidak bisa digantikan dengan mesin canggih mana pun.

Kain Lurik Klasik Motif Wayang
Kain Lurik Klasik Motif Wayang

Kain lurik klasik juga merupakan ciri khas bangsa. Mempertahankan kain warisan Indonesia agar tetap dipakai oleh penduduknya. Selain batik. kain lurik klasik memiliki corak atau paten tersendiri. Lurik-lurik, begitu kata orang. Kain hasil tenunan dan juga pintalan.

Kain Lurik Berasal dari Jawa Kuno Tersedia di Lurik Fabric Solo

Kata lurik berasal dari bahasa Jawa kuno, yakni lorek yang berarti lajur, garis, atau belang. Pada dasarnya lurik memiliki tiga motif dasar, yaitu motif lajuran dengan corak garis-garis panjang searah helai kain, motif pakan malang yang memiliki garis-garis searah lebar kain, dan motif cacahan dengan corak-corak kecil. Walaupun terlihat sederhana, sesungguhnya dibutuhkan keterampilan dan kejelian dalam memadukan warna serta susunan garis agar menghasilkan kain lurik yang serasi, indah dan mengagumkan.

Lurik dapat pula berarti corak. Yang berarti mempunyai pol khas pada kain saat dibuat. Kain lurik klasik sangat digemari karena keunikannya. Di samping karena mempunyai pola tersendiri. Kain lurik klasik mampu bertahan unggul dan dijadikan inovasi bagi melahirkan lurik-lurik modern yang lain.

Informasi mengenai kain lurik lebih lengkap silahkan hubungi kontak WA 0822 6565 2222 Pak Muzakir. Gratis ongkos kirim keseluruh Indonesia.

in English : Batik art.

Keunikan Kain Lurik Klasik

Kain Lurik Klasik memiliki arti dan filosofi tersendiri. Misal kain lurik gedog madu yang digunakan untuk acar mitoni dan siraman. Corak kain lurik juga dianggap sakral. Bisa menjadi nasihat, petunjuk atau harapan. Saat ini pengantin sering menggunakan pakaian ala internasional padahal kain lurik klasik memiliki wejangan serta tuntunan bagi yang memakainya yaitu kesederhanaan.

Kain lurik Klasik ada juga yang berwarna hitam putih. Ditenun dan dipintal agar kelihatan maskulin serta tegas. Kain lurik klasik seiring jaman banyak mengalami perubahan. Alat tenun bukan mesin yang bisa digunakan untuk mengolah pintalana benang dan berubah menjadi kain tenun yang mewah untuk dibuat pakaian. Unik tapi klasik, itulah lurik.

Karena kain lurik klasik sekarang sudah susah untuk didapati. Kami sebagai wadah mengembalikan warisan budaya kain lurik tempo dulu berusaha mengembalikan masa jaya kain lurik klasik agar bisa diterima oleh anak-anak muda.

Berikut video di bawah ini merupakan detail kain lurik klasik kami.

Mari berbelanja kain lurik klasik budaya kita agar tetap terjaga dan tak lengkang oleh waktu.

Artikel kami lainnya : Seragam batik kantor bahan premium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *