Pabrik Kain Katun Sabang untuk Tenun Dunia

Pabrik kain katun Sabang sebagai mahakarya Indonesia untuk dunia. Kota Sabang adalah salah satu kota di Aceh, Indonesia. Kota ini berupa kepulauan di seberang utara pulau Sumatra, dengan Pulau Weh sebagai pulau terbesar. Kota Sabang merupakan zona ekonomi bebas Indonesia. Kota Sabang sering disebut sebagai titik paling utara Indonesia, tepatnya di Pulau Rondo.

Pernahkah Anda mendengar kain cotton? Kalau pernah, itu adalah nama lain dari kain katun. Katun terdengar lebih familiar dibanding bahan kain yang lain, karena bahan yang digunakan terbuat dari serat alami yaitu kapas atau Gossypium.

Pabrik Kain Katun
Pabrik Kain Katun

Serat kapas merupakan produk yang berharga karena hanya sekitar 10% dari berat kotor (bruto) produk hilang dalam pemrosesan. Apabila lemak, protein, malam (lilin), dan lain-lain residu disingkirkan, sisanya adalah polimer selulosa murni dan alami. Selulosa ini tersusun sedemikian rupa sehingga memberikan kapas kekuatan, daya tahan (durabilitas), dan daya serap yang unik namun disukai orang. Tekstil yang terbuat dari kapas (katun) bersifat menghangatkan di kala dingin dan menyejukkan di kala panas (menyerap keringat).

Pabrik Kain Tekstil di Lurik Fabric

Lurik Fabric merupakan salah satu pabrik kain terbesar di Indonesia yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun. Dan sudah melayani pemesanan kain dari ratusan perusahaan, sekolah dan organisasi. Kain yang kami produksi tidak hanya putihan saja, akan tetapi kami kembangkan lagi agar menjadi kain berseni dan berkualitas dunia. Seperti contoh, kain tenun lurik.

Selain lurik kami juga merupakan produsen kain batik, produsen selimut tenun, dan produsen sarung tenun. Yang memiliki ratusan pengrajin, baik menenun maupun membatik. Kami bekerjasama dengan berbagai pengrajin tenun dan batik di Solo dan sekitarnya. Mulai dari usaha rumahan hingga yang berskala besar berupa perusahaan ( PT ). Sehingga untuk Anda yang pesan sedikit atau partai besar tetap bisa saya layani.

Bagaimana cara pemesanan?

Silahkan hubungi langsung owner kami melalui kontak Whatsapp berikut ini :
Pak Muzakir +6282265652222

Kami memberikan penawaran gratis ongkos kirim keseluruh Indonesia dan pelayanan online 24 jam non stop setiap harinya.

Ragam Benang Katun Untuk Tenun

Kerajinan kain tenun dihasilkan dari proses persilangan benang-benang yang diproses dengan alat tenun mesin (ATM). Kenapa menggunakan mesin dan bukan manual? Dikarenakan permintaan yang melonjak tajam akan kain katun tenun, dan sebagai salah satu upaya meringankan pekerjaan pengrajin. ATM dapat menghasilkan lebih banyak meter kain dalam waktu yang singkat jika dibandingkan dengan ATBM.

Nah, benang apa saja yang biasa digunakan sebagai bahan pembuatan kain tenun ? Mari kita kupas satu persatu di bawah ini :

Benang Katun Mercerised (mercerized cotton)
Benang katun mercerized adalah jenis benang katun yang dihasilkan melalui proses tertentu yang membuat benang lebih kuat, lebih berkilau dan minim susut. Proses mercerisasi juga membuat benang tidak mudah berjamur, lebih mudah menyerap pewarna yang membuat warna di kain terlihat lebih kuat dan lebih cemerlang.

Proses mercerisasi awalnya dikembangkan oleh John Mercer, seorang ahli kimia Inggris yang mematenkan metode proses tersebut pada tahun 1851. Namun metode ini baru populer tahun 1890, ketika Horace Lowe sedikit mengubah proses demi menghasilkan serat benang yang lebih berkilau. Jenis benang yang diproses dengan cara mercerisasi sering dikenal dengan benang mutiara (pearl yarn). Benang katun mercerized biasanya digunakan untuk membuat tenun atau rajut halus.

Benang Katun Kombet (combed cotton)
Katun kombet adalah versi katun yang sangat lembut. Serat kapas diolah dengan proses spesial sebelum dipintal menjadi benang. Secara umum, katun kardet harganya lebih mahal dari katun biasa. Bahannya yang lembut dan adem sangat nyaman di kulit.

Setelah proses penggarukan (carding), kapas disisir menggunakan sikat yang lebih halus untuk mengeluarkan kembali kotoran yang tersisa, juga menghilangkan serat kapas yang pendek seperti bulu. Sekitar 15% dari volume dihilangkan. Hanya menyisakan serat panjang. lurus yang seragam dan selaras. Potongan kapas disisir kemudian dipintal menjadi benang.

Benang Katun Kardet (carded cotton)
Katun kardet adalah kapas yang telah disiapkan untuk dipilin (spinning) menjadi benang. carding merupakan langkah penting dalam pengolahan tekstil agar biji dan kotoran di kapas keluar ketika sedang menyelaraskan serat untuk membuat kapas lebih mmudah dipilin. Tanda carding, benang katun akan kasar dan sangat rapuh.

Marmer Lantai Berkualitas

Ciri Bahan Katun serta Kelebihan dan Kekurangannya

(Cotton) adalah nama lain dari kain katun yang sangat familiar dibanding bahan kain yang lain. Katun terbuat dari serat alami yaitu kapas atau Gossypium. Kain katun memiliki ciri khasnya sendiri, berikut penjelasannya :

Ciri-ciri Bahan Katun

  • Memiliki tekstur yang halus dan lembut
  • Nyaman dipakai
  • Perawatan busana dari bahan katun ini mudah
  • Sifatnya kuat dan tahan lama
  • Cocok untuk di segala cuaca
  • Tidak membuat alergi

Kelebihan Bahan Kain Katun

  • Tidak panas saat digunakan, bahan ini juga mampu menyerap keringat dengan baik
  • Nyaman dipakai, terasa adem dan lembut jika bersentuhan dengan kulit
  • Kuat dan tahan lama
  • Menyerap keringat dengan baik

Kekurangan Bahan Kain Katun

  • Mudah kusut karena teksturnya juga agak kasar meskipun tergantung dengan jenis
  • kain yang digunakan
  • Mudah luntur

Perbedaan jenis katun perlu diperhatikan karena beda jenis katun beda pula cara perawatannya. Mari kita ulas cara perawatan kain katun berdasarkan karakterisitiknya di bawah ini :

Cara Merawat Kain Katun Agar Selalu Awet

Untuk Indonesia yang mempunyai iklim tropis, bahan katun memang menjadi pilihan yang sesuai. Ringan dan breathable membuat pakaian berbahan katun enak dipakai. Jangan salah, bahan ini juga perlu ekstra perhatian dari Anda lho. Jika sedikit saja Anda salah merawatnya, bisa-bisa baju berbahan katun Anda tidak akan berumur lama.

Tidak ingin hal ini terjadi bukan? Berikut beberapa tips yang Vemale akan bagikan untuk Anda. Mudah, praktis dan pasti bisa Anda lakukan.

1. Waktu yang tepat
Tips pertama adalah Anda harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menggunakan pakaian dengan bahan katun ini. Jika saja Anda salah dalam menggunakannya, bersiaplah untuk cepat-cepat mempensiunkan pakaian Anda tersebut.

Karena katun adalah bahan yang ringan dan menyerap angin, waktu yang tepat adalah saat musim kemarau, dimana matahari bersinar dengan cerahnya dan angin berhembus sejuk. Musim kemarau memang waktu yang paling sempurna untuk Anda memakai pakaian berbahan katun. Pemakaian pada musim hujan akan merusak kain dan membuat warna menjadi pudar.

2. Perhatikan garis jahitan
Jahitan pada kain katun biasanya akan menjadi hal yang paling mengkhawatirkan. Mulai dari atas hingga bawah, tentu pakaian berbahan katun dijahit dengan sedemikian rupa sehingga menarik. Namun, bukan berarti Anda harus ‘percaya’ begitu saja bukan dengan jahitan tersebut?

Anda bisa pergi ke tukang jahit untuk memberikan jahitan double pada pakaian Anda. Anda juga mungkin perlu meminta khusus penjahit Anda untuk memberikan embriodery, trik ini tidak akan pernah bisa berlaku untuk kain seperti sutra dan satin. Dua hal tersebut bisa Anda lakukan demi mencegah sobeknya jahitan dari pakaian Anda. Segera ke tukang jahit langganan Anda.

3. Noda
Karena seringnya dipakai pada musim kemarau, pasti katun tidak akan lepas dari yang namanya keringat dan bekas deodoran ya. Yang sering terjadi adalah adaya bekas noda pada bagian ketiak dan lengan. Pemakaian parfum yang berlebihan juga akan meninggalkan noda pada pakaian dengan bahan katun.

Nah, jika ini sering terjadi pada Anda, segera cuci pakaian dengan merendamnya terlebih dahulu dengan deterjen. Anda juga bisa membersihkannya dengan cara-cara lain untuk bagian-bagian tertentu terlebih dahulu sebelum membersihkannya secara keseluruhan. Kemudian, kucek pada bagian tertentu tersebut hingga tidak lagi berbekas.

4. Teknik mencuci
Nah, untuk yang satu ini memang harus Anda sendiri yang melakukannya. Jika selama ini Anda mengandalkan mesin cuci, untuk kali ini Anda harus mencucinya dengan tangan. Yup, hand-wash atau mencuci dengan tangan akan memberikan umur panjang pada pakaian katun Anda. Karena berserat alami, katun mungkin akan menyusut ketika Anda cuci.

Kalaupun Anda memang harus menggunakan mesin cuci, pisahkan katun yang ‘ringan’ dengan yang ‘berat’. Jangan lupa pula untuk selalu membalik pakaian Anda. Ini harus dilakukan guna menghindari pudarnya warna pakaian Anda. Ingin yang lebih ekstrim? Mungkin Anda bisa menjadikan semua pakaian katun Anda menjadi satu ketika mencuci. Ini tentu akan membuat pakaian lebih mudah untuk dicuci.

5. Penyimpanan
Jika sudah melewati fase pencucian dan penjemuran yang benar, yang harus dilakukan selanjutnya adalah menyimpannya dengan benar dan rapi. Setrika dengan temperatur hangat, bukan panas, ingat ya. Ini akan menghilangkan kusut pada pakaian setelah dicuci namun juga tidak merusak serat kain.

Kemudian, Anda bisa menyimpannya di ruangan atau lemari yang kering sejuk atau bersuhu ruangan. Jangan lupa untuk menghindarkan pakaian dari suhu lembab dan sinar matahari langsung.

Bagaimana? Kini Anda sudah mengetahui rahasia bagaimana menjaga pakaian katun Anda tetap terjaga dengan baik bukan? Anda sedang mencari kain katun harga murah kualitas premium? Silahkan pesan kain Anda pada kami, bisa dalam jumlah kecil maupun partai. Karena kami menggandeng ratusan pengrajin kain dari industri rumahan hingga pabrik. Sehingga pemesnaan berapapun pasti kami layani.

Bagaimana cara pemesanan?

Silahkan hubungi langsung owner kami melalui kontak Whatsapp berikut ini :
Pak Muzakir +6282265652222

Kami memberikan penawaran gratis ongkos kirim keseluruh Indonesia dan pelayanan online 24 jam non stop setiap harinya.

Artikel kami lainnya : Batik Laweyan asli

Nuwun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.